Mengikuti pelatihan calon MT

Atas rekomendasi kepala sekolah, saya ditunjuk untuk mengikuti pelatihan dalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran yang diselenggarakan oleh Dinas DIKMENTi dan Dinas DIKDAS bekerja sama dengan PUSTEKKOM Depdiknas selama tiga hari yang bertempat di Universitas Budi Luhur. Pelatihan ini diikuti oleh 75 guru tingkat SMP, SMA dan SMK se Jakarta yang terdiri dari masing-masing wilayah  mengirimkan 15 orang. Kegiatan merupakan program nasional yang bertujuan untuk mencetak master trainer yang nantinya diharapkan bisa menjadi fasilitator untuk guru-guru di 5 wilayah dari jenjang SMP dan SMA/K.

Pada kegiatan ini kami difasilitasi oleh pak Suwartono dari SMA 6 yang sudah mengikuti pelatihan Senior Trainer di PUSTEKKOM. Bentuk pelatihan ini lebih bersifat diskusi saja, dimana peserta dibagi menjadi 10 kelompok sesuai dengan jumlah modul yang akan disampaikan yaitu:

  1. TIK dalam Pendidikan
  2. Pengenalan Jaringan dan Jardiknas
  3. Pemanfaatan TVe dalam Pembelajaran
  4. Pemanfaatan Internet dalam pembelajaran
  5. Pemanfaatan Multi Media dalam pembelajaran
  6. Pemanfaatan Edukasi Net
  7. Pemanfaatan media Audio dalam pembelajaran
  8. Stratemgi Pembelajaran berbasis TIK
  9. Pengembangan Rencana Pembelajaran berbasi TIK
  10. Pembuatan Media Presentasi

Strategi pelatihan yang dijalankan yaitu masing-masing kelompok membedah isi modul dan kemudian mempresentasikan dan lalu ditanggapi oleh teman-teman baik berupa pertanyaan, saran, masukan, sharing pengalaman atas materi modul tersebut.

Sebagaimana pelatihan pada umumnya, kalau materi dalam strategi penyampaian dianggap tidak memuaskan maka beberapa teman biasanya kecewa terutama dari teman-teman yang kemampuan TIK-nya sudah mumpuni. Memang sasaran pelatihan ini bukan untuk mengajarkan sesuatu “ilmu”  namun bersifat mengajarkan bagaimana peserta nantinya bisa menjadi fasilitator terhadap teman-teman guru dalam pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran di sekolah sehingga lebih kreatif dan inovatif. Dan ini yang diharapkan oleh PUSTEKKOM sebagai pelaksana tingkat nasional sehingga para guru bisa memanfaatkan media yang ada seperti internet, TVe, portal edukasi dot net atapun yang lainnya dalam proses pembelajaran.

btw meskipun 2 hari ini bt tapi kita bisa berselancar di dunia maya kaena area di universitas Budi Luhur ini ada hotspot shg sambil mengikuti sesi kami jg bisa browsing, chatting, kirim email bahkan posting di blog. Masih tersisa satu hari lagi dimana acaranya adalah simulasi atas penerapan modul yang sudah dibahas.

Ditulis dalam berita. 8 Comments »

8 Tanggapan to “Mengikuti pelatihan calon MT”

  1. umarpujakesuma Says:

    Salam kenal Mas Hary.

    Wah, jadi tambah pinter nih tentang dunia perkomputeran (TIK). Mungkin bisa dibagi-bagi ilmuanya buat guru seperti saya yang kering pelatihan.

    Barangkali ada oleh-oleh dari pelatihannya dalam bentuk file digital, kan bisa diupload di ziddu.com, 4share.com, scribd.com, dll bisa bermanfaat buat yang lainnya.

    salam istimewa by BISNIS GURU

  2. frisnanda Says:

    ikutan donkkk

    cari kerja buat belajar

  3. dboy Says:

    Strategi yang jitu untuk mengembangkan pendidikan di tanah air !
    Sukses ya mas Hary !
    Salam Kenal !
    blog saya : http://goldenlifecode.blogspot.com/
    matur nuhun..

  4. frisnanda Says:

    pa kabar nichhh

    gmn kabarnyaaaa

  5. dedidwitagama Says:

    trm ksh pak hary atas dukungannya selama saya di SMK Negeri 3 Jakarta, semoga kita semua dalam sehat senantiasa

  6. kusdiyono Says:

    Kapan-kapan bagi ilmunya….

  7. bocahbancar Says:

    Semoga bisa menambah ilmu Bapak dan menjadi MT yang handal dan dibutuhkan oleh masyarakat serta pengaplikasian ilmunya dengan baik,..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: