Dunia Blogger: dari Narsis sampai Citizen Jurnalism

Blog atau web blog sejak pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger tahun 1998 telah mengalami perkembangan yang sangat pesat  baik yang berbayar maupun gratisan. Khusus untuk penyedia web blog gratisan seperti wordpress.com, blogger.com hampir setiap jam membernya selalu bertambah. Pada awalnya istilah blog ini diberikan kepada orang-orang yang memiliki website pribadi dan selalu meng-updatenya baik itu berita, link ke website lain, curhatan, tutorial dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri, sejarah blog katanya berawal pada tahun 2000, dengan cikal bakalnya sebuah website yang bernama Indigos.Net Website pribadi yang berisi segala sesuatu tentang seseornag yang bernama Tyaz dari mulai biodata, profil teman, portofolio, hingga kumpulan puisi, tetapi Indigos.net ini dikenal webblog pada tahun 2001 dengan membernya yang lumayan banyak pada saat itu dan contentnya yang inovatif dan kreative.

Seiring dengan kemudahan akses internet yang sudah merambah wilayah-wilayah tidak hanya di perkotaan saja, pertumbuhan blogshpere begitu pesat. menjadi Bloger tidak hanya dikuasai oleh mereka yang meminati IT saja (profesional di bidang IT) tetapi juga kalangan awam. Sehingga timbul komunitas-komunitas dan forum blogger yang senantia berkomunikasi lewat dunia maya. Sesui dengan namanya yaitu web pribadi maka tujuan orang membuat blog juga bermacam-macam, adanya yang narsis, eksistensi, sharing, curhat atau bahkan sekedar ungkapan perasaan yang terpendam.

Dalam perkembangannya, Saat ini pribadi-pribadi pemilik weblog bukan lagi menjadikan blog sebagai jurnal harian, atau curhatan dan dokumen karya tulisnya. Para penulis blog sudah mulai menjadikan blog sebagai media informasi publik yang gratis dan independent, serta mungkin selanjutnya diharapkan menjadi media informasi yang cepat, tepat dan akurat.

Untuk menuju tersedianya informasi publik yang independent, cepat, akurat dan dapat dipercaya, tentunya harus sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalisme. Tentunya keadaan ini menjadi pekerjaan rumah bagi mereka yang peduli informasi publik hasil dari karya jurnalisme yang bermutu.

Pendidikan jurnalisme menjadi sangat penting untuk diketahui oleh publik. Sehingga ketika publik akan menyalurkan informasi terkini melalui blog, akan ditulis dengan teknik jurnalistik yang benar.

Citizen journalism yang diinginkan oleh berbagai pihak tentunya tidak sekedar isapan jempol belaka. Dengan perkembangan blog dan kualitas tulisan para penulisnya, dengan serta merta informasi publik akan mudah didapat dengan cepat, akurat dan dapat dipercaya.

Seiring dengan hal tersebut keberadaan blog tidak hanya sebatas penyaluran informasi belaka tetapi mampu menjadi social control sebagaimana peran media masa  selama ini. Tulisan-tulisan yang bersifat kritik terhadap pemangku jabatan publik hendaknya jangan dijadikan sebagai bentuk penghinaan ataupun pencemaran nama baik yang berimplikasi pada hukum. Terkecuali tulisan – tulisan yang berbau SARA yang bisa membangkitkan kebencian dan kemarahan.

Terkait masalah citizen jounalism, Menkominfo Muh. Nuh menyatkan bahwa tidak akan ada penahanan terhadap para blogger yang bersuara kritis. Dan atas apresiasi terhadap dunia blogger maka pada tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Bloger Nasional. Dan tahun ini perayaan pesta akan dilaksankan pada tanggal 22 Nopember 2008 di aula BPPT Jakarta dengan tema “BLOGGING FOR SOCIETY”

SELAMAT HARI BLOGER NASIONAL

Sumber :

http://supono.wordpress.com/2007/08/27/sejarah-blog/

http://rezaervani.wordpress.com/2008/06/19/serial-citizen-jurnalism-jurnalisme-masyarakat-1/

Satu Tanggapan to “Dunia Blogger: dari Narsis sampai Citizen Jurnalism”

  1. rudyhilkya Says:

    saya sampe beli buku menjadi jurnalis masa depan pak biar makin yahud …

    terima kasih pak hary atas postingnya, mengingatkan para blogger untuk menulis yang benar dan tepat😀

    selamat berkarya dan terus berjuang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: