Waspada Banjir

Jakarta sudah memasuki musim penghujan. Seperti yang sudah menjadi agenda rutin, yang terjadi yaitu banjir dan kemacetan. Banjir bisa disebabkan oleh dua hal, yang pertama debit air sungai yang mengalir ke Jakarta dengan hulunya di puncak mulai naik seiring dengan curah hujan yang cukup tinggi di daerah puncak dan ini sudah terjadi di wilayah langganan banjir seperti Kampung Melayu, Bukit Duri, Cililitan Kecil dan wilayah lainnya sepanjang bantaran kali Ciliwung. Demikian juga wilayah lainnya disekitar sungai Pesanggrahan. Yang kedua biasanya disebabkan karena curah hujan yang tinggi, saluran air tidak mampu menampungnya akhirnya meluap ke jalan. Sistem drainase yang tidak baik menjadi faktor utama genangan air ini, seperti di depan Cempaka Mas, Pulo Mas, cempaka putih, Kebon Nanas dan beberapa tempat lainnya.

Kalau jalanan sudah tergenang yang terjadi sudah pasti antrian panjang kendaraan karena melambatnya laju kendaraan untuk menghindari air masuk ke sistem pembakaran pada mesin yang bisa  menyebabkan mobil mogok.

Nah.. barangkali penting bagi pengguna jalan untuk menghindari wilayah-wilayah yang rawan banjir akibat genangan air ini.

Memasuki musim hujan ini sudah siapkah kita menghadapi segala resiko yang diakibatkannya? ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: