Ujian Nasional Bulan April 2009

Kegelisahan guru dan siswa terkait pelaksanaan Ujian Nasional terjawab sudah. Isu bahwa UN akan dilaksanakan bulan Maret terkait adanya pesta demokrasi (pemilu) ternyata tidak benar. Menurut ketua BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) Ujian Nasioanal tetap dilaksanakan bulan April setelah pemilu.

Pelaksanaan ujian nasional untuk siswa SMP dan SMA/SMK tahun ajaran 2008/2009 tidak dimajukan meskipun ada hajatan nasional Pemilihan Umum 2009. Ujian nasional akan diselenggarakan pada April 2009, tetapi tanggalnya belum dipastikan.

”Kemungkinan setelah pelaksanaan pemilu,” kata Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi, Kamis (16/10) di Jakarta. Penjelasan ini untuk menjawab keresahan guru, siswa, dan orangtua yang mendapat informasi pelaksanaan ujian nasional (UN) dipercepat pada Maret, sedangkan materi pelajaran belum seluruhnya disampaikan kepada siswa.

Djemari mengatakan, guru dan siswa tidak usah resah karena UN dilaksanakan dengan memperhitungkan semua materi yang harus dipelajari siswa kelas III SMP dan SMA/SMK. Adapun standar nilai kelulusan UN juga masih akan dibicarakan dengan mengkaji hasil evaluasi pelaksanaan UN 2008.

”Bisa saja standarnya tetap seperti tahun lalu,” ujar Djemari.

Perlu persiapan

Guru Bahasa Indonesia, Supriyono, mengatakan bahwa berita soal jadwal UN masih simpang siur di lapangan. Sebagian guru ada yang mendengar isu bahwa UN dilaksanakan sekitar Januari atau Februari guna mengantisipasi pelaksanaan Pemilihan Umum 2009.

Menurutnya, ujian nasional membutuhkan persiapan intensif. Pada semester ganjil bulan Juli hingga Desember para guru biasanya membahas materi sesuai dengan kurikulum dengan sedikit persiapan ujian. Persiapan ujian secara lebih intensif melalui pendalaman materi dan simulasi ujian biasanya dimulai pada semester berikutnya, yakni bulan Januari.

”Kalau ujian nasional dimajukan, persiapan menjadi tidak maksimal. Beban anak juga menjadi berat, apalagi mereka harus mempelajari materi sejak kelas I,” ujarnya. Dia sendiri berpendapat, penyelenggaraan pemilihan umum tidak akan terlalu mengganggu UN.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Bhakti Nusantara, Jakarta Timur, Yanti Sriyulianti, juga mendengar isu bahwa UN dipercepat menjadi Februari.

”Untuk ujian persiapan bisa enam hingga delapan bulan. Kalau UN sebagai alat evaluasi kompetensi itu dimajukan jadwalnya, anak bisa kehilangan kesempatan melengkapi ketuntasan kompetensinya,” ujarnya.

Djemari mengatakan, mata pelajaran yang diujikan sampai saat ini tidak ada perubahan. Tahun lalu, untuk SMA mata pelajaran yang masuk UN di jurusan IPA adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Di jurusan IPS mata pelajaran dalam UN adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Untuk jurusan Bahasa adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah Budaya atau Antropologi, Sastra Indonesia, dan bahasa asing lain.

Di jenjang SMP, mata pelajaran yang termasuk dalam UN adalah Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

sumber : http://cetak.kompas.com/humaniora

Ditulis dalam berita. Tag: . 73 Comments »

73 Tanggapan to “Ujian Nasional Bulan April 2009”

  1. ita Says:

    Wah kalau jadwal ujian nasional dimajukan, saya sebagai guru harus kerja keras lagi menghabiskan materi dan memotivasi siswa untuk belajar lebih keras lagi. Mengapa ya… pemerintah tidak mempertimbangkan kalau mau mengubah jadwal ujian? Bukankah pembelajaran itu suatu proses, yang kalau prosesnya nggak matang bisa-bisa hasilnya tidak baik. Apa kata dunia?
    yups saya setuju dengan bu Ita. thx sdh mampir ke blog saya.

  2. Ratna Says:

    Di situs depdiknas UAN untuk SMA tanggal 20-24 April 2009

    • brahmantio ardhi Says:

      saya sebagai siswa skuul d smk swasta jakarta, saya agak binggung kapan uan tu pastinya akan dilaksanakan??? apakah bulan maret/febuari??? tanggalnya ,tanggal brapa??? mohon di bls agar tdk membuat resah saya sbgai pelajar

  3. kusdiyono Says:

    Tanggal sudah ada mas, di situs dikmentidki juga ada, yang belum pasti adalah isu KWU akan di UN-kan jadi atau tidak. Paling tidak finalisasi mata pelajaran yang akan di UN-kan untuk SMK

    thx atas informasinya, Pak.

  4. Risoyo_imamura Says:

    Sebagian besar siswa di sekoLahq shock banget saat dger unas mw d ajukan… Mzkipun sbagian anak tetap diam, entah krena diLema akan kbenaran dan isu, atau mgkin jga Lg sakit giGi. Ak yg ikt dger kbar angin nTu, brusaha nyari kbenaran’y…
    MNuruT pndanganq, pendidikan n poLitik adL suaTu ksaTuan yg trPisahkan. Mzki kedua haL trSbuT sngat penting, tetapi niLai2 it tak dpat dcampuR adukkan. MengiNgat indoNesia msiH (maaf…) Low quaLity, haL ini paTut dpertimbgkan. KmrosoTan kuaLitaz pdidikan tak Lepas puLa dg tgGung jwaB pmerintah dL mbrikan kurikuLum yg tepat.

    @ dengan anggaran pendidikan 20% mdh2an merupakan langkah awal dlm peningkatan kualitas pendidikan kita. thx. sdh mampir.

  5. たかお Says:

    banzai…!!

    sudah mata pelajaran smk di tambah, di majukan pula
    saya bisa mati lemas di depan meja belajar kalau itu benar-benar terjadi

    dengan kerja keras Insya Allah kesuksesan akan tercapai. Keep fight brother.

  6. nindi Says:

    moshi-moshi…^^
    aduh,sebenarny UN itu akan di laksanakan bulan brapa??
    smua ank murid pada khawatir,ada isu yang mengatakan,UN akan di laksanakan pada bulan Feb. klo ujian nasional di percepat,psti materi” yang di berikan oleh guru tidak maksimal….T_T

  7. agus Says:

    alhamdulillah klo gt…pdhl aku uda kaget klo ujian di majukan bulan april…,,karna bulan oktober aj aku masih praktek kerja di telkom….
    tanks z…infonya,,,,

  8. yoe_ Says:

    y udh dc…. siap ga siap hruz siap….
    syukur dc klo buln april ,,soalny aq az magang nc ampe desember….
    bwt tmeN” qt ruz smGt yaW…

  9. Pelajar Yg teraniaya sunyi... Says:

    Awas klo mpe UN SMP 2009 dimajukannnn!!!!!!!!!!!1

    tak jamin 99% ra lulusssssssssss

    BULL SHIT!!!!!!!!!!!!!!!!
    DAMN!!!!!!!!!!!!!!

  10. does_ Says:

    kudu siap coyyyyyyyyyyy

  11. cah sma Says:

    bikin jantung mw copot aja!!!!!!!!!!klo ksh info jgn simpang siur donk

  12. joank Says:

    waduh,waduh,,
    gw n tmn” skolahan gw cuma bisa bilang bgtu…
    mudah”an aja ga ada pelajaran yg ditambah lagi deh…
    semoga gw n tmn” gw bisa lulus dengan nilai yg baik…
    amiin..
    doain ya,,,

  13. basuki34 Says:

    Halo Bossss….

    Takut UN nya maju apa takut yang No. 8 nya ga ke pegang nih………
    Hahahahahahahaha…….

    Apa kabar pak Hary?
    Lama ga ada kabar….

  14. parjono Says:

    Jangan pernah takut UN, mau gak mau harus UN optimislah jika kita ingin berhasil. Targetkan UN dengan hasil terbaik, bukan hanya lulus…..! OK

  15. ky2 Says:

    waduh………..puyeng mkirin UAN….
    jgn dtmbah lgi dunk materiX…….

    Clo bsa PsngrtX Teutep kyk taon kmrin….

    thank’Z

  16. MAYA SARI Says:

    ya mbu ya repot!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. MAYA SARI Says:

    eh salah maaf yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa””’ aku mau komentar neh! gimana kalo kita belajar kelompok………………. teyuz….. kita kan jd sering ketemu nehhhhhhh!!!! ya ga? ini ditujukan untuk teh ani lho…………… bukan kamu!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  18. odi tompel Says:

    w strezzzz,,,

    UN yg bnr bulan aph sich?

    klo ngasih informasi yg pasti dunk jng angot”an kaya gni mna nilai rata” ke lulusan tinggi bngt, mna matta pelajaran d tambahin + biaya squla yg mahal bgt ,,

    kenapa DUNIA POLITIK yg di pentingin sekarang dari pada DUNIA PENDIDIKAN yg mnyangkut masa depan bangsa??

    parah,,parah,,parah,,

  19. student Sad Says:

    w ga tau hrs ngomng pa……………..???????

    gw cma mnta 1 permintaan………..

    Prmntaan gw………………..???????????

    soal Un Jgn Terlalu susah…………………

    Oke………………..

    yg berbobot rendahZ……………

  20. yuni Says:

    Aduuuch puciNk bgttt nich. . . .
    Belajar. . .Belajar. . .Belajar tyus
    jgn adain UAN ajAch dech
    hehEHEhehe

  21. peserta tahun 09 Says:

    ya……bagus dech klo UN_nya ga jd dimajuin……artinya siswa yang ujian bisa lebih mateng persiapan’a n guru jg hrs ngasih smangat donk bwt siswa’a biar yg ujian ga terlalu cemas ngadepin’a………
    buat tmn2qu SMA se_INDONESIA yg mw UAN smangat truz supaya UAN yg kan qta hadapi nanti bisa mndptkn hasil yang maksimal……………..AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN

  22. Azkiaarine Says:

    Ehmm…
    Setelah q baca semua komentar aku jadi bingung mau bilang pa karena semua yang mereka bilang bener bwanget..

    Pemerintah harus pasti donk kalo ngasih berita..
    bikin kita was-was aja dech…

    Tapi alhamdulillah klo mank nilai standarnya masih tetp yang kemaren…

  23. nay"na Says:

    Aduuu……h takut bgt nich sebentar lgi UN,,,V qt harus yakin,kita bisa menjalani itu semua,,&jangan berhenti untuk berdoa m yang di ataz sna yaitu……………..ALLAH SWT.Btul kan?he….he…..he…..

  24. cenya95 Says:

    Ikut kelas percepatan ach…

  25. cjah alim... Says:

    dah lah…
    yg pnting qt tetep usaha ,
    mari qt b’juang untuk unas…
    qt hanya bs ikhtiyar n b’doa,
    sedangkan takdir dah ada d tangan-Nya…..

    untuk yg mw b’usaha dg tekun ;

    mari qt teriakan,

    QT PSTIE LULUS……………………………

    amien…

  26. cjah alim... Says:

    dah lah..
    kapanpun unas dilaksanakan qt harus siap,
    asal qt serius belajar
    iy g…?
    bagi pelajar yg mo unas;
    qt hanya bs b’doa n ikhtiyar j,toh takdir dah di tangan_Nya

    optimis j lah..
    takdir tu tk jauh” dr usha qt kok..

    qt pasti lulus…

    amien.

  27. pie2 Says:

    hduu….
    pcing2….

    waktunya abiz buat magang..

    kaNg haRi….
    Tulung2….
    hikz ='(

  28. cendra Says:

    mas atw mbak,,
    info trakhir tntg kemajuan jadwal uan yg ad d blog ni kn bulan oktober,,
    tp akhir2 ni ad info yg smpang siur bilang uan 2009 jadi dimajukan.
    katanya antara bulan februari atau maret gtu.
    saya boleh mnta tlng g?
    saya lagi cari info pastinya, soalnya guru d skola pd panik.
    tapi cara mengajarnya masih lama.
    otomatis ako ma tmen2 jd susah sendiri.
    tlng y mas atau mbak,,
    please,,

  29. cendra viola Says:

    mas atau mbak,,
    info trakhir tntg kemajuan jadwal uan yg ad d blog ni kn bulan oktober,,
    tp akhir2 ni ad info yg smpang siur bilang uan 2009 jadi dimajukan.
    katanya antara bulan februari atau maret gtu.
    saya boleh mnta tlng g?
    saya lagi cari info pastinya, soalnya guru d skola pd panik.
    tapi cara mengajarnya masih lama.
    otomatis ako ma tmen2 jd susah sendiri.
    tlng y mas atau mbak,,
    please,,

  30. adi armana Says:

    pak saya minta tolong soalnya yang mudah…..semoga kelulusan ditahun 2009 100%

  31. Ifhye Says:

    waw……………….
    KaLo gitu, semua nak2 SMA dan yang ikut ujian nasional mesti dan wajib persiapan. Karna mau gimanapun, ujian taon ini mesti di lewatin.
    Udah gitu kalo gak salah nilai kelulusan buat UN di naikkin,
    Jadi buat semua peserta,
    Selamat bertempur dan semoga sukses.

    thankzz buat infonya.

  32. Devi Says:

    Buat kalian yg mau melaksanakan Uan / Uas….
    Yang sBar yUa…
    mMaNg TaNgGuNg jWb sBagai PeLajaR…

  33. ageleng Says:

    yg mw un, smangat aja dahh…
    homeskuling ada UN jga g y???
    lam nal..🙂

  34. Mbong Says:

    Mau maju atau mundur, tetap aja UN itu selalu menjadi masalah yang gak pernah habis, yang lebih aneh itu nilai-nilai pendidikan kita, selalu diukur dengan sebuah angka-angka dan hasil akhir, sedangkan sisi psikologis dan proses cuma dianggap “figuran dan pemanis” dalam dunia pendidikan. Jadi kedepannya gak usah heran kalau orang-orang yang ikut UN sekarang, sebagain besar menjadi pemimpin yang beku, tidak kreatif, cuma mau hasilnya saja dan serba sentralistik serta “menuhankan” nilai-nilai birokratik yang serba feodal……………..

  35. fandi Says:

    maz, klo bleh tw, logaritma ikut jg?mhn d blz

  36. nuna Says:

    umm
    trus kpn attu ujian nya tt ?

  37. ulee Says:

    ada sistem minus ga c? multiple choice smua kan y?
    thanks for d’answer

  38. BASRUDIN Says:

    HY……….
    tmn………..

  39. uhdi Says:

    aduh gening kitu

  40. ajeng Says:

    ywdaa deh , bwd nag2 klss 3 med berjuang aaj yahh .
    smoga kalian lulus sratuspersen ..

    ayo .. dukung UAN 2009 ..

    AYOO .

  41. melyn Says:

    kenapa uan yang di jadikan titik berat siswa??
    knp jg uan yang mrnrntukan kelulusan??
    gmn anak indonesia bisa meraih cita-cita nya, kalo uan di jadikan patokan..
    tidak bisa mengerti kita sebagai anak didik..

    kasihan donk yang sdh bel 3 tahun, cuma hnya gr2 uan gak lu2s kita gak dpt melanjutkan cita2 di impikan….

    tolong dnk jgn mempersulit siswa siswi..
    di ringankan donk beban kita//…..

  42. ricard Says:

    gak usah bnguung coyyyyyyyyyyyyyyyyy.
    hadapi aja wlaupun bkin kt bngung.
    smoga ujian ini dpt lulus smua.amiiiin…………….

  43. eric Says:

    ngapain jg mesty takut…..
    santai aja kale,,,,,,,,,,,,,,,,,
    q jg kemaren un….santai aja…..pelajaran na pun 6 ,,,,,,,
    tp q jg bisa lulus….koq..
    banyak doa aja…

  44. hegeufegjghh Says:

    menurut saya, pokokknya semua harus siA

  45. hansen Says:

    kenapa gak diilangin ja y….gini nyh yang payah’a pendidikan indonesia

  46. ade Says:

    kisi-kisinya bgi2 donk…………..

    bgi depdiknas,,
    buat soalnya jgn sush2 ya……………

    denger gak ad paket ya bgi yg g lulus

  47. ade Says:

    hayyyyyyyyyyyyyy..

    semoga anak-anak klz 3 lulus semua ……………

  48. Dewi Says:

    dimana yah melapotkan penyimpangan yang bisa terjadi pada saat UN berlangsung??? karena saya menduga akan terjadi “kecurangan” lagi yang trjadi di sekolah saya dulu… trims..mohon balasannya

  49. Ligar Says:

    gmana??????????????????????

  50. om Says:

    masak aku dpt 100 100 ama 90 heran aku hebat ndak

  51. trey Says:

    Q tadi kok bisa ya dapat 100 100 ama 100 masak Q sehebat itu ya? heranq

  52. cahayamasagung Says:

    taon depan yg d UN kan skalian aj smua mata pelajaran bikin anak tmbh menderita aj luuuuuuuu……..
    tp rmh skit jiwa na di bangun dl brap gedung biar pada ketampung kl gila….

  53. david Says:

    ya Allah, gk krsa bntar lagi UN,,
    uuuhhhhhhh

    mudah-mudahan soal-soalnya gk trlalu susah,,
    amiiinnnn

  54. WisataKami Says:

    mungkin aja semuanya bisa menyelesaikan nya dengan baik….!

  55. puput,puputmetana@yahoo.com Says:

    hasil un blm pasti kapan keluarnya tapi pendaftaran SNMPTN udah pasti tanggal 15 juni, gimana donk????????????????

  56. sahra purnama Says:

    Ujian Nasional…. ah siapa takut.. aq aj yang masih bayi gak takut. nenen dullu

  57. Zikeynova Says:

    Pengumuman hasil ujian nasional 2009 untuk SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar sudah dapat dilihat di website resminya di http://www.sma-saraswati1.sch.id

  58. RIZTY Says:

    WEITZZZ….
    W DEG”kan bgt NICH PA LG MNGGU DPN W UJIAN MID,
    BAGI W UJIAN MID DAH TERMASUK HAL Y9 GEMETARAN DAH DLU YA W M0 BLJAR DLU KAN M0 UJIAN BYEEE,,,,,,

  59. vivi Says:

    gmana nie?

    cpet amad!

    perasaan dlu ngga kyak gtoe dhe

    4 blan geh UN

    huuffffffttttttttt……….

  60. puspa Says:

    huhh ,, gilla jjah UN d blland marett ..
    bllom siiap !!
    gy mna nehh !!
    ue dag dig dugg !!!

  61. yazid Says:

    maju mundur…yang bener yang mana yah….harus persiapan dari sekarang nih…..

  62. Andika fahrizal... Says:

    Mau april ke’
    mau maret ke’
    mau februari ke’

    Ayo la….
    syapa tkut..

    msa’ uda blajar slama 3 tahun,
    msh balum syap jg..???

  63. Bunga Says:

    Cuma bisa berdoa, semoga semuanya bisa lulus dengan nilai yang baik, bukan sempurna!
    ayo semangat belajar!!!

  64. paisal Says:

    aye…ye…ye…
    susah nye…..
    malang nye nasib kami…..!

  65. imam thohari Says:

    jika memang ini sudah keputusan yang lebih baik yang harus diambil, kita sebagai anak sekolah harus menuruti keputusan ini meski dengan berat hati…..

    tapi aku sebagai siswa yang sekolahku sangat jauh dari kota, sangat merasa bingung dengan apa yang akan saya lakukan jika UN nanti???
    mau kost dimana? bagaimana dengan kemanannya nanti? dan pada siapa saya meminta pertolongan??????

  66. awis Says:

    apa benar,dalam melaksanakan ujian nasional siswa harus di pencar ke sekolah-sekolah lain….????

  67. gooclinic Says:

    tidak mungkin para siswa dipindah ke sekolah lain saat ujian. Kalau ini dilaksanakan akan semakin menjadi ruwet


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: