Peningkatan Kompetensi Siswa oleh Praktisi DU/DI

Salah satu pemateri sedang menyampaikan presentasinya

Salah satu pemateri sedang menyampaikan presentasinya

Bekerja sama dengan APKRINDO (Asosiasi Praktisi dan Konsultan Retail Indonesia) Program Keahlian Penjualan yang digawangi oleh Bp. Puji Sumaryanto melaksanakan pembekalan pada para siswanya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia perdagangan (retail) dan kegiatannya seperti cara memajang barang dan pengelolaan Administrasi Penjualan antara lain membuat laporan persediaan barang, melaksanakan laporan penjualan nota kontan dan nota kredit), faktur dll. Selain itu juga diajarkan cara melayani pelanggan (customer service) dan teknik penjualan (salesmanship) serta presentasi.

Lulusan SMK tidak hanya berorientasi untuk bekerja “an sich” tetapi juga harus memiliki jiwa wirausaha

Para siswa serius mendengarkan

Para siswa serius mendengarkan

(enterpreneurship) sehingga diharapkan setelah lulus tidak harus mencari kerja tetapi bisa membuka usaha salah salah satunya adalah jasa perdagangan. Hal ini terkait dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak yang sudah pasti memerlukan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Itu artinya ada peluang yang bisa dijadikan sebagai kegiatan bisnis. Agar nantinya tidak salah dalam menjalankan usaha tersebut, para siswa juga diberikan materi menganalisa kebutuhan pasar, strategi pemasaran dan cara membuat proposal usaha. Harapanya adalah melalui kegiatan “In School Trainning” ini para siswa khususnya jurusan penjualan lebih meningkat lagi kompetensinya sehingga nantinya bisa diaplikasikan di dunia kerja ataupun ketika mereka menjalankan usahanya. Dan ini sesuai dengan motto kami yaitu “Siapkan Tenaga Kerja Bermutu”.

Para pemberi materi adalah mereka yang memang memiliki kompetensi dan keahlian di dunia perdagangan retail seperti Bapak Ari Murti dari PT Matahari Putra Prima, Ibu Andi (IFA Kosmetik) dan Bp. Riyadi Edi P (Praktisi).

Satu Tanggapan to “Peningkatan Kompetensi Siswa oleh Praktisi DU/DI”

  1. Membiasakan Laporan Elektronik di SMK Negeri 3 Jakarta « Dedi Dwitagama Says:

    […] senior berusia lebih dari 50 th, Klik blog Bp. Deni Triwardana, Guru KKPI dan Matematika, Klik blog Bp Hary, Guru Adm Perkantoran, PNS pendatang baru dari Sambas Kalimantan Klik blog Ibu Paryaningsih, Guru […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: