9 Reformasi Pendidikan

Keputusan pemerintah menaikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN untuk 2009 sesuai amanat UUD 1945 disambut gembira oleh pelaku pendidikan dan masyarakat. Terkait hal tersebut, Mendiknas Bambang Sudibyo langsung mencanangkan 9 agenda reformasi/terobosan pendidikan yaitu:

  1. Buku Murah
  2. Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
  3. Sertifikasi pendidik
  4. Teknologi Informasi
  5. Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendidikan
  6. Peningkatan mutu pendidikan
  7. Tata Kelola
  8. Intensifikasi, dan
  9. Ekstensifikasi Pendidikan Non Formal

Melihat agenda di atas, sudah tidak ada alasan lagi bahwa rendahnya mutu pendidikan di negeri ini disebabkan minimnya anggaran. Artinya bahwa syarat untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan tercapainya pemerataan kesempatan mengikuti pendidikan dasar 9 tahun bisa dilakukan dengan agenda tersebut. Buku yang setiap tahun ajaran baru menjadi pemberitaan dan keluhan di masyarakat terkait larangan guru menjual buku di sekolah, dengan adanya pembelian hak cipta oleh pemerintah senilai 20 milyar (materi bisa didownload di BSE dan peluncuran program buku murah sudah dilakukan oleh presiden kemarin) mudah-mudahan mampu meningkatkan proses pembelajaran disekolah.

Angka putus sekolah yang masih tinggi di tingkat SD dan SMP sehingga wajib belajar 9 tahun belum sepenuhnya tuntas, dengan penambahan anggaran pada program BOS nantinya akan mampu menuntaskan program wajib belajar 9 tahun dan terpenuhinya pemerataan kesempatan mengikuti pendidikan.

Kesejahteraan guru? jangan khawatir karena pemerintah sudah menganggarkan 14,4 trilyun lebih untuk peningkatan kesejahteraan guru yang terbagi dalam tiga pos yaitu tunjangan profesi, tunjangan fungsional dan tunjangan khusus (Kompas, 20 Agustus 2008). Sebagai garda terdepan dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan memang sudah seharusnya kesejahteraan guru diperhatikan. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah? apakah meningkatnya kesejahteraan guru akan berbanding lurus dengan meningkatnya mutu pendidikan kita? hanya waktu yang bisa menjawabnya. Sejujurnya bahwa banyak faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. Terkait sertifikasi sebagai entry point dalam mengukur 4 kompetensi yang harus dimilki oleh seorang guru, perkembangan TIK yang begitu pesat termasuk di dunia pendidikan maka penguasaan TIK menjadi keniscayaan bagi seorang guru. Namun kenyataannya masih banyak guru yang gaptek. Menyadari hal ini Depdiknas melalui PUSTEKKOM sedang melaksanakan program PETIK dan jejaring pendidikan nasional (JARDIKNAS).

Harapan kita semua atas terpenuhinya anggaran 20% ini adalah perbaikan sektor pendidikan secara menyeluruh sehingga terjadi peningkatan mutu pendidikan yang signifikan. Gedung-gedung sekolah yang rusak sudah tidak ditemui lagi, akses sekolah terhadap teknologi informasi semakin mudah dan terbuka dan tata kelola pendidikan dijalan secara profesional. Di samping itu peran pendidikan nonformal sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional perlu dioptimalisasi sehingga anak-anak putus sekolah bisa juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari jalur ini.

Yang paling pokok dari semua ini adalah pengawasan anggaran sebagaimana diamanatkan presiden pada kegiatan peluncuran buka murah kemarin.

”Mari kita gunakan sebaik-baiknya anggaran ini dan menggunakannya tepat sasaran. Dengan anggaran ini, sembilan agenda reformasi pendidikan dapat dibiayai secara lebih baik,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat meluncurkan program buku teks pelajaran murah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/8).

Semoga tercapai bapak Presiden.

Ditulis dalam berita. 4 Comments »

4 Tanggapan to “9 Reformasi Pendidikan”

  1. kusdiyono Says:

    Bagi saya kurang satu, yaitu pengangkatan guru PTT atau yang sudah terdaftar di BKD/BKN menjadi PNS

    Mudah-mudahan pa’ Kus dkk tidak lama lagi diangkat. Menurut informasinya begitu lho :>

  2. nun1k04a Says:

    artikel anda:

    http://pendidikan.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/9_reformasi_pendidikan

    promosikan artikel anda di infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler,telah tersedia widget shareGue dan nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

  3. Bagus Arisanto Says:

    Kalo menurut Pak Hary Forum Guru Reformasi perlu gak ???
    kayaknya lagi rame juga tuhhh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: