Gapai Sukses dengan Manajemen Waktu

وَالْعَصْرِ

إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ

Demi masa, sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian Al-`Asyr:002) (sumber)

Ayat tersebut menyiratkan bahwa manusia senantiasa ada dalam kerugian manakala kita tidak bisa memanfaatkan waktu. Tulisan ini barangkali bisa kita coba untuk merubah perilaku yang salah dalam memanfaatkan waktu menjadi sesuatu yang produktif sehingga kita tidak termasuk golongan orang – orang yang rugi.

Tak ada orang yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya. Semuanya pasti mengharapkan sukses baik dalam karir maupun kehidupan pribadinya. Tetapi menggapai kesuksesan bukanlah pekerjaan yang mudah. Ibarat mendaki sebuah jalan terjal, demikian pula perjalanan menuju tangga sukses. Manajemen waktu menjadi kunci utama agar terget yang telah kita canangkan tercapai.Waktu adalah suatu yang sangat berharga dalam hidup kita. Pepatah klasik “waktu adalah uang” sudah cukup untuk menggambarkan hal ini. Tetapi sebenatnya berapa banyak diantara kita yang benar-benar memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-aiknya ? sebenarnya jika kita ingin mengatur kehidupan kita dan membuatnya menyenangkan, awalilah dengan mengatur waktu. Pengaturan waktu yang efektif merupakan hal mendasar untuk lingkup berbagai wilayah kehidupan. Tak mengejutkan kalau dalam seluruhan industri pengaturan waktu jadi sebuah kebutuhan. Berikut beberapa aturan sederhana yang dapat diikuti untuk melakukan pengaturan waktu yang lebih baik:

  • Jangan menunda pekerjaan, lakukan saat ini juga. Saat orang menunda pekerjaan, itu berarti membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini dan menghalangi kesempatan di masa mendatang lantaran waktu yang tersumbat. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadlina untuk tujuan yang harus dicapai. Menghindari deadline berarti membawa penundaan atas pencapain tujuan yang merupakan perantara untuk mencapai setingkat demi setingkat menuju tujuan.
  • Rekam aktivitas kita. Memori adalah penuntun yang payah, jika ini berhubungan dengan menetapkan bagaimana kita melewatkan waktu kita. Cara terbaik untuk merekam segala aktivitas kita adalah dengan mencatat apa yang kita lakukan. Keanyakan orang akan menemukan ide kalau mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisien. Kurangi kegiatan yang membuang-buang waktu dan batasi kegiatan-kegiatan yang tidak penting.
  • Fokus pada hasil. Banyak orang yang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk pikuk, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua karena kita tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas yang “utama” secara teratur, kita dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.
  • Tetapkan skala prioritas. Setelah membuat perencanaan, buatlah daftar hal-hal yang harus kita capai dalam waktu dekat. Misalnya, apa yang harus kita raih dalam minggu depan, bulan depan, tahun depan dan seterusnya.
  • Batasi rencana kita. Terlalu banyak rencana juga bukanlah hal yang baik jika kita sadar tidak mungkin kita mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak hanya akan membuat kita stress. Bahkan jika kita gagal mencapainya kita bisa frustasi. Buatlah rencana yang kita yakin dapat menyelesaikannya.
  • Luangkan waktu untuk santai. Walau kita sudah memiliki sejumlah rencana yang akan segera kita kerjakan, jangan lupa luangkan waktu kita untuk melaukan hal-hal yang menyenangkan bagi kita pribadi. Misalnya, tidur/beristirahat, melaukan hobi, berkumpul dengan keluarga dan sahabat-sahabat, berolahraga, belanja dan bermain internet. Tetapi jangan sampai kesenangan itu menyita waktu kita sehingga mengesampingkan hal-hal yang lebih penting.

Tugas pertama kita untuk dapat mengatur waktu dengan lebih baik adalah membuat daftar seberapa banyak waktu yang kita buang sia-sia selama sehari dari sana atur ulang aktivitas kita untuk melakukan yang lebih maksimal dalam setiap menit. Lebih dari segalanya, berpegangteguhlah pada rencana kita. Jadwal yang kita buat hanya terlaksana dengan benar jika kita konsisten dengan itu. Dengan mengikuti tips ini diharpkan kita memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan hal-hal yang ingin kita capai dalam hidup ini.

Dari berbagai sumber.

image : http://i76.photobucket.com/albums/j12/worot/waktu.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: