Millis Yg Membawa Berkah

peserta-training-intel-teach.jpgMenjadi anggota sebuah komunitas di dunia maya saat ini sepertinya sudah trend dan keharusan agar tidak ketinggalan informasi, karena banyak sekali sekarang ini komunitas-komunitas yang dibuat oleh kelompok yang mempunyai kesamaan visi dan profesi tertentu. Demikian pula halnya profesi guru/pendidik yang jumlahnya jutaan dan tersebar di Indonesia. Melihat kondisi ini, beberapa orang yang konsen dan berharap agar para guru tidak ketinggalan informasi dan bisa saling bertukar informasi seperti pak Gatot HP, pak Kwarta, pak Khalid dan yang lainya memfasilitasi dengan membentuk komunitas guru seperti milis dikmenjur, guru-tendik dan yang terakhir jardiknas diman saya termasuk salah satu anggotanya.

Rabu, 1 Nopember Saat saya sedang buka email, saya melihat ada pengumuman bahwa Intel Indonesia melalui pak Kwarta sbg moderator milis menawarkan para guru untuk ikut Training Intel Teach yg dilaksanakan tgl 7 – 10 Nopember 2007 di Jakarta dan data sudah harus masuk tgl 1 Nop pukul 18.00. Iseng saya kirim biodata dan berharap tidak terpilih karena sebenarnya pada saat yang sama saya juga sedang sibuk menangani pelatihan Jardiknas di sekolah (jadi panitia juga instruktur ). Sabtu pagi sambil memberikan materi pelatihan jardiknas, saya buka email dan baca pengumuman ternyata nama saya termasuk didalamnya. berikut bunyinya :

Dear all
Terima kasih kepada bapak/ibu yang telah mengajukan diri sebagai Calon Trainee di Training Intel Teach yang diselenggarakan oleh Intel Indonesia pada tanggal 7-10 November 2007.
Sebenarnya Intel Indonesia ingin mengajak bapak/ibu pendaftar untuk berperan serta didalam training kali ini, namun karena keterbatasan tempat, maka Intel Indonesia hanya dapat menerima 6 (enam) guru di bawah ini sebagai Trainee Intel Teach yang di-host dalam bahasa Inggris. Mudah-mudahan di kesempatan berikutnya bapak/ibu mendapat giliran untuk mengikuti Training sejenis.
Pendaftar yang diterima sebagai Trainee Intel Teach 2007 adalah:
1) Azhar Arranirie, S.Pd, SMPN 13 Malang, Jawa Timur
2) Fajar Wahyu Setyo Budi, SMKN 4 Malang, Jawa Timur
3) H. Dasep Lukiman, S.Pd, SMKN 4 Bandung, Jawa Barat
4) Haryanto, SMKN 3 Jakarta, DKI Jakarta
5) Ridwan, SMPN 202 Jakarta Timur, DKI Jakarta
6) Sunarna, ST, SMK Muhammadiyah Bambanglipuro, DI Yogyakarta
Kepada ke-6 Trainee diatas dimohon segera membaca undangan Training di e-mail masing-masing dan menyiapkan diri untuk mengikutinya.
Demikian pengumuman Intel Teach 2007, selamat belajar, berlatih dan sukses!

Terima kasih,

Kwarta Adimphrana
maskwarta@yahoo. com
maskwarta.blogspot. com
62-817535404

Pak Sunarna batal ikut, kemudia diganti oleh paka Siogit Haryandi dari SMA Muhammadiyah Kendal. Kami berenam merupakan partisipan tambahan dari kuota yang seharusnya 20 puluh orang tetapi beru terisi 14 peserta yang sudah ditentukan intel yaitu guru dari SD Mexico dan SD Venezuela yang mendapatkan bantuan PC dari Intel. Teman-teman yang dari luar kota menginap di Hotel Mercure Gajahmada. Program pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian sosial (Company Social Responsibility/CSR) dari PT Intel Indonesia lihat di http://www.intel.com/education

Awalnya teman-teman yang terlibat di pelatihan jardiknas keberatan bila saya harus meninggalkan sekolah karena pada tanggal yang sama pak Deni harus pergai ke Medan, pak Dedi tidak ada di tempat sehingga tidak ada yang menanganinya. Setelah dirapatkan akhirnya untuk sementara pelatihan diliburkan selama 3 hari sehingga saya bisa ikut Tranee Intel Teach ini, terimakasih bu yani, pak Bahar, bu Umi.


S4020004

Pelatihan ini tidak dimaksudkan agar peserta guru menjadi ahli komputer namun lebih menekankan pada tugas guru sebagai fasilitator dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada sehingga proses belajar mengajar di kelas lebih bervariatif dengan kreasi dan inovasi. Pada awalnya terasa boring dan apriori karena materinya berkisar word, excel dan power point yang sudah biasa dilakukan. Namun kemudian ada hal yang menarik yaitu sisi proses pembelajaranya yang mengarah pada bagaimana kita sebagai guru mengembangkan metode pembelajaran di kelas shg siswa mampu berpikir kritis, berkolaborasi dengan temanya dan mengembangkan minat/bakatnya. Menyenangkan juga ikut training ini karena instrukturnya (Mr. Basor Syuhada) menyelipkan dengan game-game yang bisa membuat peserta bisa rileks dan tertawa.

Ditulis dalam Uncategorized. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Millis Yg Membawa Berkah”

  1. fajaws Says:

    assalamualaikum, gimana kabarnya bos? masih full kan energinya? jangan sampai kehabisan ya, masih banyak temen-temen yang perlu diajak bareng-bareng belajar TIK. salam hangat dari kota malang.

    matur nuwun sdh mau mampir ke gubug saya, energi masih OK! gmn persiapan acara sewindu milis Dikmenjurnya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: