JURNAL JARDIKNAS

suasana-pelatihan.jpg

Pelatihan identik dengan pemberian dan penambahan skill peserta yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang dihadapi sehari-hari. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat merupakan sebuah pilihan dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Dunia pendidikan sebagai institusi yang mengemban amanah bangsa dalam mencerdaskan kehidupan setiap warganya, penyelenggaraan dan pelaksanaanyapun mau tidak mau harus bersentuhan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Sejauh ini masih banyak sekolah baik guru, staf administrasi dan pustakwan yang belum memanfaat TIK ini. Berdasarkan asumsi tersebut Depdiknas melalui Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar negeri merumuskan dan sekaligus melaksanakan program yang disebut Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional).

Kegiatan subsidi pelatihan Jardiknas yang merupakan kelanjutan dari pertemuan pertama tanggal 3 Oktober (lihat laporannya di sini) sudah dimulai minggu lalu. Dari keseluruhan peserta sebanyak 180 orang yang terdiri dari Guru, Pustakawan dan Tata Usaha semuanya hadir untuk mengikuti Paparan Umum mengenai Jardiknas dan placement test.Dan Skor yang diperoleh dijadikan sebagai dasar bagi panitia untuk pengelompokan peserta menjadi 3 kategori yaitu kategori menguasi, mampu, dan belum mampu untuk masing-masing partisipan, sehingga menghasilkan 9 kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri dari 20 orang sesuai dengan kapasitas ruangan yang tersedia. Ada yang menarik dari placement test ini yaitu peserta yang memang belum bisa dan terbiasa bekerja dengan komputer karena ketika mengerjakan test melihat pada peserta lain yang sudah bisa akhirnya mendapatkan skor yang tinggi, pada akhirnya diplot pada kelompok yang sudah mahir. Begitu mereka tahu ada pada kelompok dengan katagori mahir proteslah mereka. Pengelompokan sengaja dilakukan untuk memudahkan dalam proses pelatihannya, sehingga fasilitator tidak mengalami kesulitan dalam penyampaian materi. Dari 180 peserta Secara umum peserta yang diutus oleh sekolah baik guru, pustakawan maupun Tata Usaha adalah mereka yang sudah terbiasa bekerja dengan komputer meskipun ada juga yang belum terbiasa.

SMKN 3 jakarta sebagai ICT Center jakarta Pusat yang menjadi tempat pelatihan menyediakan 2 ruang/ lab komputer yang masing-masing berisi 20 komputer dengan cadangan 3 unit.Dengan demikian setiap harinya ada 2 kelompok yang ikut pelatihan. Bila melihat materi yang harus disampaikan maka tatap muka yang harus dijalani sebanyak 5 pertemuan. itu artinya hampir 1,5 bulan waktu yang gunakan untuk pelatihan ini. dan pada tahap awal panitia memplot jadwal pelatihan untuk kategori yang belum mampu untuk semua jenis partisipan. Jadwal dan pengelompokan peserta bisa dilihar pada situs resmi kami http://www.ictcenter_jakartapusat.net. Mengevaluasi selama satu minggu pelaksanaan, alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Seperti biasa dalam setiap pelatihan, Ada dua kategori yang bisa kita lihat dari peserta yang mengikuti suatu pelatihan, yaitu ada yang bersemangat dan ada juga yang asal datang. Dan bahkan ada yang hari pertama ikut tetapi karena merasa materi yang disajikan tidak menarik dan sudah dikuasinya maka hari berikutnya tidak datang lagi.Ada juga karena alasan tugas portofolio yang harus dibuat dirasa berat mereka tidak datang lagi hari berikutnya. Yang bersemangat akan nampak pada peserta yang belum menguasai materi sehingga bersungguh-sungguh untuk hadir sesuai jadwal yang ditentukan dan yang asal datang saja memenuhi kewajiban. Demikian kiranya evaluasi sementara pada pelatihan Jardiknas yang di adakan oleh ICT Center Jakarta Pusat yang bekerja sama dengan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Depdiknas.Mudah-mudahan pada pertemuan berikutnya semangat para peserta bisa terus ditingkatkan.Selamat belajar dan bekerja, Bravo.

Satu Tanggapan to “JURNAL JARDIKNAS”

  1. dedidwitagama Says:

    guru … beragam tabiat dan motivasinya … keep fight sir


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: