“ONRUST”,Pulau Bersejarah yang terlupakan

banner.JPGTanggal 25 Agustus 2007 yang lalu sekolah kami mendapat undangan dari Dinas  Kebudayaandan Permusiuman DKI Jakarta untuk ikut berpartisipasi dalam lomba karya tulis bagi pelajar dengan tema “Mengenal Taman Arkeologi Pulau Onrust”. Tujuan lomba ini yaitu menumbuhkan kecintaan siswa terhadap keberadaan peninggalan  bersejarah dan apa harapan bagi generasi mendatang.

Letak Pulau Onrust.
Nama Onrust diambil dari bahasa Belanda yang artinya “tanpa istirahat” atau sibuk (dalam bahasa Inggris:unrest). Nama “Onrust ” pada pulau ini tidak terlepas dari sejarah keberadaan bangsa Belanda di Nusantara. Pulau Onrust terletak pada 1060 44’0″ Bujur Timur dan 60 02’3″ Lintang Selatan dan berada di teluk Jakarta dalam gugusan kepulauan Seribu. Untuk mencapai pulau Onrust ini bisa ditempuh dari Muara Kamal dan Muara Angke dengan perahu nelayan selama kurang lebih 30 menit karerna jaraknya hanya 14 km. Tetapi bila berkantong tebal bisa melalui pantai Marina Ancol dengan menggunakan kapal cepat dengan  waktu tempuh 15 menit. Luas pulau onrust awalnya ± 12 ha tetapi saat ini hanya tinggal 7 x lapangan bola karena diakibatkan oleh abrasi. Pulau Onrust dikelilingi oleh Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Bidadari. Dibandingkan dengan pulau-pulau lain di gugusan Kepulauan Seribu, di pulau Onrust ini  tidak ada satu bagianpun yang menarik seperti bungalow, taman laut, resort seperti yang terdapat di pulau Sepa, Matahari atau Pramuka misalnya. Hal ini karena pulau ini merupakan cagar budaya/taman Arkeologi yang meninggalkan banyak sejarah.

Sejarah Pulau Onrust.

1.  Jaman VOCSesuai dengan namanya, pada abad 17 -18 pulau ini sangat sibuk disinggahi oleh kapal-kapal VOC untuk bongkar muat barang dan sekaligus sebagai tempat galangan kapal dan markas belanda untuk menyerang daratan batavia yang saat itu ada dalam kekuasaan pangeran Jayakarta. Oleh karena itu penduduk setempat menyebutnya pulau Kapal. Antara tahun 1803-1810, pulau Onrust 3 kali digempur oleh Inggris dan terakhir pada tahun 1810 Armada Inggris yang dipimpin oleh Admiral Edward Pellow menghancurkan sarana dan prasarana Pulau Onrust. Saksi sejarah atas peperangan ini yaitu masih kokohnya benteng Martelo di pulau Cipir dan bangunan menara di pulau Bidadari.. dan di bagian pojo pulau ini masih dijumpai pekuburan Belanda dimana jasad Maria dikuburkan. Maria sangat dikenal karena Ia satu-satunya penghuni kuburan ini yang masih bisa dilacak keberadaannya melalui prasasti yang ditinggalkannya. Kono, gadis Belanda yang meninggal muda di Hindia BElanda ini masih menampakan sosoknya di malam hari. Bahkan untuk membuktikan kebenaran cerita ini pernah salah satu stasiun TV swasta menggelar acara UKA-UKA di tempat ini.2.   Jaman Penjajahan Belanda

Seiring berkurangnya pengarush Inggris di Hindia Belanda, pada tahun 1848, Belanda masuk kembali ke Pulau ini dan difungsikan sebagai Pangakalan Angkatan Laut. Namun pada tahun 1883, sarana prasarana yang telah dibangun oleh belanda kembali hancur berat akibat gelombang Tidal letusan gunung Krakatau. Pada tahun 1911 s.d. 1933, Pulau Onrust diubah fungsinya sebagai Karantiana Haji. Masyarakat Indonesia pada saat itu yang akan naika haji ke Mekah dikarantina terlebih dahulu di pulau ini baik ketika pergi maupun sepulangnya. Hal ini merupakan taktik dari Belanda untuk menekan pengaruh ulama-ulama pada masa itu. Belanda tahu bahwa pergoalakan/pemberontakan yang dilakukan oleh rakyat Indonesia pada saat itu karena dipengaruhi oleh besarnya kharismatik ulama dimata rakyatnya.

3.   Masa Awal Kemerdekaan s.d. tahun 1968.

Pada awal masa kemerdekaan, Pulau Onrust dimanfaatkan sebagai rumah sakit Karantina bagi penderita penyakit menular dan penyakit kusta/lepra dibawah penganwasan Departemen Kesehatan hingga awal tahun 1960, dan para penderita penyakit lepra saat ini ditampung di RS Sintahala Tangerang. Selain itu pulau ini juga pernah dimanfaatkan sebagai penampungan gelandangan dan pengemis dan juga latihan militer. Tahun 1968 pulau Onrust dijarah habis-habisan sehingga banguan bersejarah lenyap menyisakan puing-puing saja. Setelah peristiwa tersebut, pulau Onrust menjadi sepi tidak sesuai lagi dengan namanya. Walaupun sekarang Pulau ini sepi, jejak-jejak kesibukasnnya masih bisa ditelusuri. Beberapa bangunan masih tersisa dan masih dimanfaatkan sebagai penginapan. Sisanya adalah bekas-bekas fondasi bangunan yang menyisakan kepiluan yang menyesakan. Untuk melestarikan peninggalan sejarah yang terdapat di Pulau ini maka berdasarkan kekputusan Gubernur KDKI Jakarta No. Cb. 11/2/16/1972 pulau ini dinyatakan sebagai Pulau bersejarah yang dilindungi. Kemudian melalui SK Gubernur DKI Jakarta 134 tahun 2002 taman Arkeologi Pulau Onrust ditetatpkan sebagai UPT di lingkungan Dinas kebudayaan dan Permusiuman DKI Jakarta.

14 Tanggapan to ““ONRUST”,Pulau Bersejarah yang terlupakan”

  1. dedidwitagama Says:

    Faotonya mana Pak Hary …😀

  2. little bit run Says:

    iyaa onrush tu pulau yang seru wat dikunjungi sbenernya..
    cma wat orang2 yang punya nyali berpetualang yang mau menengok ksana wat cari2 pengalaman baruu!!!
    lindungi ONRUST!!!!!!

  3. dira Says:

    besok mau ke onrust lohhhhhhhhhhhhhh

  4. cae Says:

    gue gak nyangka da pulau Onrust di Indonesia nie. .
    gue pikir . . Onrust itu da di eropa!!! wkwkwk
    sue c tau na kisah c maria itu tok!

  5. Edi Betok Says:

    Wah, kalau dilihat dari faktor keindahannya sih memang oke, cuma angkernya itu loh..!!! gak kuaaat, disana itu kalau sudah jam 18.00 WIB pengunjung/wisatawan dilarang membunyikan tape/TV dll pokonya yang menimbulkan suara gitu dech, kalau pantangan tersebut dilanggar so pasti malamnya bakalan keluar suara aneh yang mirip klakson kapal laut yang sanggup mengetarkan seluruh pulau onrust. iiihh… amit-amit, cukup sekali deh gue begadang dipulau onrust

  6. Rubet Says:

    gw sendiri punya pengalaman yang lumayan di pulau itu, waktu itu tahun 1997 gw bikin acara perpisahan kelas sama temen2 gw, gw sponsorin mereka untuk nginap di pulau itu satu malam. Pas malam harinya gw ma temen2 dirin tenda di tengah plau itu, dan kira2 pukul 21.00 gw disamperin penjaga pulau itu, supaya lebih baik pindah aja ke pantai, karena menurut beliau kalau tengah malem hantunya itu terbilang ganas.. dan dia gak bisa menjamin kalau terjadi apa2. akhirnya gw bongkar tenda malem itu juga, semuanya gw pindahin ke pantai. tapi memang pulau Onrust itu nyimpen sejuta misteri kok, karena gw udah hampir menjelajah kepulauan seribu, salah satu yang serem itu ya Onrust, selain pulau Bokor, Rambut dan pulau Penjaliran. Hiiii.. pulau Seribu emang penuh misteri… tapi asyik buat yang punya jiwa petualang… gw jamin OK’s bgt…

  7. mia Says:

    Mgkin lebih seru lagi kalau dilengkapi dengan foto2 kali ya..

  8. viniparamita Says:

    pulau yg menarik. kalau saya ga baca karya E. S ITO.. mungkin masih lama saya akan tau sejarah indonesia yg panjang. pdhl saya sering mengunjungi beberapa tempat yg menarik itu..

  9. ika setia purwani Says:

    banyak inspirasi yang di dapat setela melihat laut di onrust.angin yang semilir membuat pikiranku melayang dan tertuang begitu saja dalam kertas.impian selintir impian onrust yang terlupakan…

  10. dhevijayanti Says:

    seribu Misteri pada pulau Onrust

    jdi pengen kSana

  11. nimaz Says:

    Kmrn Malam Yat Mister Tukul Ngujungi Pulau Onrust…Sama Bintang Tamu Aisya shara…Pas Di Dalam rumah Dokternya Kameramen Tranz 7 Menagkap Penampakan..Seperti Orang Berjalan.Mengelilingi..Kru dan artiznya’Truzz Di lanjutin Ke makam Maria..Katana Si marian itu Sering Menampakan diri Di batu nisanya yang menunngu suaminya y9 udah pulang Ke belanda…ihihihihihih Kayakna Menegankan Tuch Mudaha2n Gw Bisa Ksana sambil Mengigat sejarah…

  12. Coro Pesisir Says:

    ngomongin pulau onrust alhamdulilah saya pernah kesana, tp bukan sebagai liburan melainkan kerja sebagai nelayan. kebetulan perahu motornya istirahat d situ dan saya melihat puing2 bangunan menara juga makam2 yang terlihat penuh dengan suasana yang mencekam. jujur aku merasa bahwa aku juga sangat merasakan bagian dari sejarah terbesar karena pernah berlabu di situ. jangan yang di obrolkan misterinya aja dong, trnyata pulau onrust ini juga menyimpan banyak harta karun lho, konon harta karun itu bisa melunasi semua utang Indonesia. mudah2an kita semua mengambil sejarah yang terlupakan menjadi sejarah yang di abadikan. Dan apa yang ada atau sudah tidak ada bisa menjadi harapan kedepan.

  13. Waik Warnet Kulon Says:

    katanya ada makam seorang tokoh pembrontak DI\TII,….

  14. Lonna Says:

    “Well of course, I could do it if I really wanted to. A 1998 review of ginkgo research published in the Archives of Neurology revealed that 200 Alzheimers patients given a daily dosage of ginkgo biloba extract showed slight but marked improvement in mental functioning. Towards the end of the century Sigmund Freud, the father of psychoanalytic psychotherapy began to practice in Vienna.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: