MemBanguN Rasa PercayaDiri (part – 2)

Kiat membangun dan Mengembangkan Self Esteem.

Ada 6 (enam) factor yang dapat mendukung untuk membangun self esteem yang biasanya disingkat dengan G.R.OW.T.H yaitu :

1.     Goal Setting(merencanakan tujuan) maksudnya menentukan tujuan hidup.

2.     Risk Taking (mengambil resikio), yaitu berani untuk mengambil resiko, karena seseorang tidak akan pernah mengetahui kemampuan diri sendiri jika tidak mau mengambil resiko.

3.     Opening up(membuka diri), yaitu kalau seseorang mau membuka diri dan berbagi rasa (sharing) dengan orang lain, maka mudah baginya untuk mengenali dirinya sndiri.

4.     Wise-Choise making (membuat keputusan yang bijaksana), yaitu kalau seseorang biasa membuat keputusan yang benar maka akan meningkatkan self confidence dan self esteem.

5.     Time sharing (berjalan sesuai dengan waktu), yaitu jangan terlalu memberikan tekanan/paksaan pada diri sendiri untuk mendapatkan perubahan, karena tidak mungkin perubahan bisa didapat secara instant (langsung) dan tekanan tersebut justru akan membuat diri kita mundur ke belakang. Biarlah perubahan itu terjadi sesuai kapasitas diri dan berjalannya waktu.ealing (penyembuhan) yaitu penyembuhan dalam arti fisik dan mental dan hal itu bisa dilakukan dengan cara membuat komitmen dan thankful (rasa syukur) dan yakin terhadap qodar Allah SWT. SELF ESTEEM adalah suatu kualitas yang dapat ditingkatkan pada setiap saat dalam kehidupan manusia dan tidak terikat oleh umur, pendidikan dn status social. Membangun self esteem adalah suatu proses yg memerlukan waktu dan membutuhkan kesabaran serta ketekunan. Walaupun perjuangan untuk membangun self esteem itu tidak mudah, tetapi pantas untuk tetap dilakukan karena hasilnya bisa dinikmati selamanya.

Cara/langkah untuk meningkatkan self esteem.

1.     Memberikan positive stroke (sentuhan positif) pada orang lain yaitu menghargai terhadap oraqng lain walaupun  terhadap hal-hal yang kecil dengan sentuhan dan kata-kata yang diungkapkan secara specific dan serta ekspresi wajah. Sentuhan positif dapat membantu meningkatkan dan memperkuat self esteem bagi si penerima dan pembwri sentuhan tsb. Adapun cara memberikan sentuhan positif adalah sbb:

a.     pandanglah langsung pada mata orang yang diberikan sentuhan positif. Hal ini untuk menunjukan keseriusan dan perhatian seseorang.

b.     Berkatalah dengan kata-kata yang lebih jelas, lebih spesifik, hangat dan nada suara yang baik.

 2.     Tidak memberikan Plastic stroke (sentuhan palsu/basa-basi) pd orang lain.Penghargaan yang diberikan pd orang lain dg basa-basi dianggap tidak ada artinya sama sekali shg membuat org lain merasa tidak nyaman. Pujian-pujian yg berlebihan atau tidak tulus dimasukan sbg kategori sentuhan palsu yg tidak berharga dan tidak akan meningkatkan self esteem baik pemberi maupun penerimanya.

3.  Harus bisa menerima dan belajar untuk menerima positive stroke yg dierikan org lain.    

Dibesarkan dengan latar belakang budaya timur membuat kita sering merasa canggung bila menerima sentuhan-sentuhan positif, shg menolak sentuhan positif tsb. Ini bukanlah hal yang baik dan merupakan satu kekurangan yang mengurangi rasa harga diri dan membuktikan self esteem seseorang lemah.

4. Menolak plastic stroke dengn halus dan tanpa pamrih.

5.  Bersungguh-sungguh menetapi apa yang sedang kita usahakan sebab tidaklah akan bernilai kalau tidak disertai usaha yang gigih dan sungguh-sungguh, sbgmn org bijak mengatakan : Barang siapa bersungguh-sungguh maka dia akan menjumpai.

6.  Berdo’a dan meminta pertolongan hanya kepada Allah Azza wa jala. 

Ditulis dalam berita. 5 Comments »

5 Tanggapan to “MemBanguN Rasa PercayaDiri (part – 2)”

  1. axireaxi Says:

    matur nuwun utk artikelnya (^_^)

    salam,
    adi.n

  2. imcw Says:

    salam kenal, numpang lewat…

  3. harysmk3 Says:

    # axireaxi
    sami-sami mas, tksh sampun kerso mampir

    # imcw
    salam kenal kembali…

  4. ecoesku Says:

    Ehh sip pokoknya yang seperti ini bisa ningkatin aku tuk jadi lebih baik lagi thanx b 4 ya

  5. Fitriana Says:

    Wah, artikelnya berguna banget buat saya, Pak…nyambung dengan tesis yang lg saya buat tentang variabel self esteem

    lam kenal & tks,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: