KARTINI KECIL

image001-1.jpg

Perlukah hari Kartini diperingati di zaman yang modern saat ini? Inilah pooling yang kita dengar dari radio-radio tanggal 21 April kemarin. Dalam konteks sekarang ini dimana persamaan gender sudah masuk pada setiap level kehidupan masyarkat kita barangkali tidak perlu, tetapi sebagai bangsa yang menghargai jasa para pejuang dan pahlawan dimasa lalu, peringatan Hari Kartini masih relevan untuk diperingati. Hal ini penting dilakukan agar kita bisa menanamkan nilai-nilai perjuangan pada generasi yang akan datang..

Kartini sadalah sosok pejuang emansipasi wanita yang begitu intens memperjuangkan hak-hak wanita di jamannya. Bagaiman jadinya wanita-wanita
Indonesia sekarang ini kalau tidak ada perjuangan dan pengorbanan Beliau. Wahai wanita-wanita
Indonesia, anda sekarang bisa menjadi dan bekerja dalam profesi apapun, bisa jadi dokter, tentara, jaksa, hakim, politikus bahkan presiden sekalipun. Itu semua berkat jasa seorang perempuan jawa yang bernama RA Kartini. Haruskah kita melupakan jasa-jasanya?  

image004.jpg

Beberapa SD di wilayah Jakarta, bertepatan dengan hari Kartini banyak mengadakan kegiatan untuk memperingati jasa-jasa perjuangan beliau.
Ada lomba pakaian daerah, baca puisi, lomba masak dll. Sangat terkesan sekali melihat anak-anak usia SD memakai pakaian daerah yang sementara jaman sekarang ini sudah banyak dilupakan dan diganti dengan pakaian-pakaian yang mempertontonkan aurat. Barangkali kita tidak perlu ceremonialnya, tetapi justru bagaimana kita menanamkan nilai-nilai budaya bangsa ini agar tidak tergerus oleh globalisasi dan westernisasi yang sedang terjadi pada generasi kita. Bagaimana di tempat saudara dan pendapat anda?.

2 Tanggapan to “KARTINI KECIL”

  1. danasatriya Says:

    mungkin ada baiknya kalau semua mahasiswa se indonesia memakai pakaian tradisional pada hari kartini.. semakin meriah :p

  2. harysmk3 Says:

    ide yg bagus mba…….. jgn hanya pada tingkat SD hari Kartini diperingati.
    mudah2an terealisir.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: