Guru dan IT

Bahagia rasanya melihat teman-teman sejawat mulai merubah paradigma dari anti komputer menjadi kecanduan komputer. Inilah barangkali multiplier effect dari ditunjuknya SMK 3 sebagai ICT Center untuk wilayah Jakarta Pusat disamping kebijakan Pak Dedi Dwitagama (Kepsek) yang selalu menekankan kepada pentingnya Komputer di ruang guru yang selalu on lineTI dalam dunia pendidikan. Mulai dari pengguanaan soft copy dari setiap portofolio guru dibandingkan hard copy, termasuk memotivasi guru agar memiliki blog sehingga bisa merepresentasikan apa yang dialami, direncanakan atau hanya sekedar curhat atas kegalauan yang sedang dirasakan. apa yang terjadi…………… ternyata eforia blog mulai menjangkiti teman-teman. Dan beberapa rekan  mulai menjadi bagian dari dunia bloger seperti bu Lilik, bu Pormina, Pak Bahar, Pak Parjono  dan yang lainnya sehingga menambah daftar guru-guru SMK 3  yang sudah memiliki blog. Untuk mengelaborasi, pak dedi menempatkan 5 unit komputer di ruang guru yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Apa yang terjadi selanjutnya …………….. setiap hari komputer-komputer itu selalu jadi rebutan teman-teman, ada yang hanya sekedar browsing berselancar di jagad  maya mencari informasi-informasi bahan ajar, ada yang buka email atau ada juga yang posting pada blognya masing-masing. ada satu hal yang menarik ketika ada beberapa rekan yang memberikan tugas pada pada siswa dan harus diserahkan melalui email gurunya. Sehingga yang terjadi beberapa teman tersebut setiap hari msibuk membuka email dan memeriksa tugas yang dikirimkan oleh para siswanya.

Inilah dampak positif TI dalam proses pembelajaran kita,  materi bahan ajar sudah di upload di blognya sehingga para siswa dapat membuka blog gurunya, enak tenan…………………. inilah dampak TI dalam dunia pendidikan bagaiman di tempat saudara?

Ditulis dalam berita. 5 Comments »

5 Tanggapan to “Guru dan IT”

  1. Syarif Winata Says:

    Wah ide bagus tuh pak, semoga sekolah kami juga seperti ini, taroh komputernya untuk guru-guru di ruang guru, ntar pasti ada yang make …..ahh indahnya para guru melek internet…

  2. parjono Says:

    Memang harus dipancing dulu pak, walaupun terkadang masih ada yang alergi. mudah-mudahan nantinya semua guru punya blog.

  3. harysmk3 Says:

    Terima kasih pak Syarif dan pak Parjono, barangkali kondisi lingkungan yang mempengaruhi teman-teman di sekolah kami

  4. agusampurno Says:

    Kadang memang timbul resistensi bahwa dengan menggunakan TI maka beban kerja akan bertambah, untuk itu cerita sukses dari mereka yang sudah menggunakan TI dan merasa terbantu akan sangat berguna.

  5. harysmk3 Says:

    thx…. mas agus smptin singgah, mmg bbrp teman di sekolah merasa terbebani..
    mdh2an dg semakin banyak guru yang menggunakan TI dalam proses pembelajaran mberikan inspirasi pada yg lain …. dg shock terapy brgkl.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: